Kamis, 03 Mei 2012

PRINT FILE VIA JARINGAN LAN

Mungkin tutorial ini sudah usang, tapi ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri, saya pernah di suruh setting program DOS di kantor pusat di t4 saya bekerja, kantor pusat ini berada di medan! sedangkan kantor cabang berada di bagan batu! menurut pikiran saya itu akan mudah, karna kita shering printer saja seperti biasa...... maka langsung saya ke TKP setting punya setting, shering punya shering saya lakukan namun tak kunjung keluar prinannya! program ini servernya di Bagan batu, tapi laporan nya di buat di pusat, maka otomaties kerjanya via remote, terminal service, si user di medan memakai aktiv directory windows 2003 begitu juga dengan di bagan batu!

Yang lebih ironisnya lagi Program yang di bagan batu hanya mengenal Printer yang tercolok LPT dan tidak bisa mengenal USB printer

Kemudian saya tanya Senior saya di kantor pusat, dia hanya senyum kecil dan memberitahukan saya.

Yang pertama kita lakukan adalah masuk sebagai administrator di komputer si user yang di medan kemudian kita remote via terminal service ke cabang yaitu di bagan batu, 

di komputer server cabang, kita masuk RUN ketikkan CMD  terusss enter

setelah masuk command promt ketikkan perintah berikut

net use lpt1 \\ip si user yang mau ngeprint di medan\nama shering printernya /user:namauser yang mau ngeprin spasi passwor

contohnya:

net use lpt1 \\1.1.1.0\epson$ /user:bagudung 12oke12

setelah ada pesan command succesfull

maka test ngeprint dengan perintah

dir >lpt1  enter

maka printer di medan/kantor pusat bekerja creeek...creeeeckkkk creeeeckkk maka mirip itu lah suaranya karna biasanya komputer yang di gunakan di kantor kantor adalah komputer siribut alias dot matrix

maka tinggal buat login script untuk si user agar setiap login si user akan tetap mngirimkan perintah di atas ke server di bagan batu

Selesai....


jamal batubara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar